IBNU BATUTHAH

27 November 2008 at 7:21 pm | Posted in Uncategorized | 25 Comments
Tags:

 

Christoper Columbus (1451-1524) seorang berkebangsaan italia dikenal sebagai penemu Benua Amerika. Vasco Da Gama (1469-1524) terkenal sebagai orang Eropa yang pertama kali berhasil melakukan pelayaran dari Eropa ke India melalui Tanjung Harapan. Namun sebenarnyalebih dari satu abad sebelumnya seorang ilmuwan muslim yang terkenal sebagai pengembara telah sampai dulu di India dan Asia. Ibnu batuthah, dialah pengembara berkebangsaan Arab, ia lahir di tenger, dengan nama Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim at-Tanji.

Sebagai seorang anak yang lahir berlatar belakang ahli hukum islam, ia dididik untuk mejadi ahli seorang hukum islam. Namun ketika berumur 21 tahun ia memutuskan untuk menjadi seorang pengelana. Keinginannya itu didasari keingintahuannya terhadap bangsa-bangsa baru dan ingin bertemu dengan banyak orang dari latar belakang kebudayaan yang beragam.

Negeri yang pertama kali dikunjunginya adalah Mesir. Setelah menginjakkan kakinyan di Mesir, ia berdecak kagum dengan keanekaragaman kebudayaan orang yang berada di wilayah itu. Sejak itulah, ia bersumpah untuk berkeliling dunia, selama hidupnya.Setahun setelah perjalanannya ke Mesir yaitu tahun1329 ia berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan tinggal di Mekkah selama 3 tahun. Lalu melanjutkan perjalanannya ke Yaman, Somalia dan Afrika Utara. Pada tahun 1332 ia kembali ke Mekkah  untuk menunaikan ibadah haji.

Setelah menunaikan ibadah haji, ia kembali melanjutkan pengembaraan lagi hingga sampailah di India dan kepulauan Maladewa. Sejarah mencatat bahwa ibnu batuthah telah sampai lebih dulu ketimbang Vasco Da Gama.  Keberhasilan Vasco Da Gama  mencapai India dan Maladewa adalah berkat peta yang dibuat oleh Ibnu Batuthah. Dalam sejarah dinyatakan pula pada tahun 1492 Christoper Columbus gagal berlabuh di Asia, ia hanya berlabuh di Guanahani, yang dikiranya kepulauan India. Dalam pengembaraan lanjutan pada tahun 1347, Ibnu Batutah mencapai pulau Sumatra. Menurut Beliau di dalam bukunya, pulau Sumatera disebut sebagai “Pulau Jawa yang menghijau”. Dari Sumatera ia meneruskan perjalanannya sampai di pelabuhan kerajaan Samuderai Pasai yang terletak di Sungai Pisangan. Disini ia juga berkomentar bahwa Samuderai Pasai adalah kota yang indah.

Selama pengembaraanya ia telah menjelajahi puluhan wilayah diantaranya adalah Mesir, Suriah, Arab Saudi, Iran, Azerbajjan, Yaman, pantai timur Afrika, Arab Selatan, Oman, Hormus, Anatolia, Kepulauan Krimea, Kakasia Utara, Konstantinopel, Asia Tengah, Afganistan, India, Maladewa, Srilanka, Bengal, Assam, Sumatra, Cina, Tunisia, Sardinia, Aljazair, Spanyol, Sudan, dan Mali.

Ibnu Batutah termasuk pengembara yang cerdik. Karena selama pengembaraannya ia selalu melalui jalan yang berbeda dengan jalan yang pernah dilaluinya. Ia juga mengabadikan perjalananya selama 3 dasawarsa dengan menulis tanggal-tanggal perjalanannya menurut penanggalan islam.

Kisah pengembaraan Ibnu Batutah diabadikan dalam bukunya Ibnu Juza’i yang berjudul “Tuhfatun nuzzar fi gharaibil amtsar wa ajaibil asfar” (persembahan seorang pengamat tentang kota-kota asing dan perjalanan yang mengagumkan. Karena bukunya tentang pulau Sumatra Ibnu Batutah dianggap berjasa bagi sejarah dewasa ini

 

Sumber:Ensiklopedia umum untuk pelajar, penerbit: PT. ikhtiar Baru Van Hoeve

25 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wuah, hoby jalan2 ya dy itu? hhi

    salam kenal

  2. @ agunk agriza
    salam kenal juga

  3. wow kereen..

  4. Assalamu ‘alaiki wa rahmatullah wa barakatuh,

  5. hebat euh…
    jadi pengeen…

  6. @ andyan
    emang ibnu batuthah itu keren

    @ yudhi
    waalaikum salam WR WB

    @ venusv3
    akunjuga pingin

  7. pengen euy keliling2

    kaya mas batutah ni……

  8. keren yah tuh orang…

  9. jd knp Nama Ibnu Batuthah tidak termashyur sprti Cristhoper Columbus, Vasco De Gama??
    Apakah nama Ibnu Batuthah juga masuk dalam buku daftar 1000 org sangat berpengaruh di dunia??
    Kalau memang demikian Ibnu Bathitah seperti yang terungkap dalam postingan ini, pasti menyangkan kenyataan bahwa sejarah mencatat sesuatu yg tidak mutlak benar..
    Sayang juga y, tapi ada hal kecil bernilai besar yg bs ditelaah, Ibnu Batuthah mungkin seorang yg rendah hati dan tak membual serta bermulut besar…hehe
    Nice Post, makasih atas infonya yg top..
    makasih jg udah mampir ke blogQ, salam kenal
    🙂

  10. Assalamu’alaikum
    salam kenal juga ya
    By the way, Anda masih skul, kul, atau dah gawe

  11. Ooo.. gitu ya..???
    Tapi jarang diberitain ya…
    jarang denger…

  12. @ rocknoida
    aku juga pingin

    @ sandy
    iya ibnu batuthah emang keren

    @ sarah tidak sendiri
    sama-sama

    @ muara
    aku masih skul

    @ anderwedz
    emang jarang di beritain

  13. salah satu tokoh Islam yang mustinya masuk dalam pelajaran di sekolah…

  14. @ omiyan
    yap bener banget

  15. wah tokoh yang karismatik ya!!!!!
    (^_^)

  16. Sebenarnya banyak lho tokoh-tokoh cendekiawan muslim yang jasanya luar biasa bagi kehidupan manusia sekarang. Cuma sepertinya ditenggelamkan oleh segala hal yang berbau western,lihat aja Al Kindi, Ibnu Sina, Al Khawariz,Al Biruni dll.

  17. @ ainulfahmi
    yap beliau memang tokoh yang karismatik

    @ mancung64
    aku setuju…

  18. abis itu nama amerika diambil dari wartawan itali yang bernama amerigo vespuci

  19. senada dg komentar mancung64. Tokoh2 muslim “gaungnya” kurang dg tokoh2 barat itu. Kira2 knp ya?

  20. @ faishal arif
    yap bener banget

    @ yodama
    karena orang muslim tidak pernah dihargai oleh orang barat

  21. cakep

  22. kalo jaman sekarang beliau barang kali disebut backpacker sejati…

  23. fi L nya keren

    wah aku baru tau dia tapi keren fi

  24. wahhh… fiii..

    aku baru tau lhooo…

  25. @ didta, krismansyah , liecha , estu

    makasih dah mau ngunjungi blog ku


Leave a comment

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.