BE DO HAVE

22 November 2008 at 9:42 am | Posted in Uncategorized | 6 Comments

Be Do Have adalah suatu konsep yang Anda baca dalam buku One Minute Millionaire (Mark Victor Hansen and Robert G. Allen). Uniknya konsep ini bukan diawali dari kerja (do) menuju milyarder, tetapi diawali oleh menjadi (be). Pikirkan terlebih dahulu Anda mau jadi apa, setelah Anda menjadi, Anda akan mampu mengerjakan tindakan apa saja yang diperlukan untuk menuju ke Be (menjadi apa yang Anda inginkan). Anda akan mampu melakukan tindakan Anda lebih efektif, terlahirlah tindakan efektif jika Anda sudah berpikir bahwa Anda sudah menjadi apa yang Anda inginkan maka tindakan akan mengikutinya. Setelah Anda menjadi be apa yang Anda inginkan, maka berikutnya lakukan/ mengerjakan (do). Lakukan apa yang harus dilakukan oleh sosok be (menjadi). Ketika Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan anda maka anda akan memiliki ( have?) hasil yang anda lalui.

 

Ketika anda ingin menjadi programmer, maka lakukanlah tindakan yang mendukung anda menjadi programmer. Belilah alat-alat atau hal-hal yang bisa membantu anda menjadi programmer, temui para programmer-progammer, diskusikanlah ddengan mentor/pembimbing anda jika ada yang mengalami kesulitan, lakukanlah dengan teguh dan pantang mengeluh, maka anda akan memiliki hasil yang luar biasa berupa pengakuan dan tergantikannya harga yang telah anda bayar berupa kerja keras, biaya, dan himpitan pada masa sebelumnya.

 

Sikap adalah perspektif jangka panjang. Sikap iniberarti bahwa seseorang yang sukses dalam berencana dan bertindak selalu memiliki perspektif jangka panjang. Segala keputusan yang dibuat selalu memperhatikan akibatnya bagi masa depan dalam jangka panjang. Tidak ada istilah bagi mereka yang berbunyi “bagaimana nanti saja”’ mereka lebih berpikir: “nanti bagaimana?”. Berpikir jauh ke depan bukan berarti mengkhawatirkan masa depan. Tetapi lebih kepada mempersiapkan masa depan. Segala keputusan, rencana dan tindakan akan dipertimbangkan bagaimana dampaknya dimasa depan. Apakah keputusan yang anda saat ini akan membawa dampak positif bagi masa depan anda?. Apakah rencana anda mendukung visi anda?. Apakah tindakan anda akan mempengaruhi masa depan anda?.

 

Satu-satunya cara untuk membentuk perspektif jangka panjang ini ialah dengan merumuskan visi anda saat ini. Jangan abaikan dengan langkah sukses ini. Jangan takut anda gagal, lebih baik anda gagal meraih visi yang luar biasa, daripada berhasil tidak meraih apapun.

 

Tips Be Do Have:

1. Bentukan Be anda ingin menjadi apa

2. Kerjakan dengan Do, apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi be

3. Nikmatilah apapun hasilnya dengan rasa syukur, apapun hasilnya anda adalah orang yang beruntung.

6 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah aku pengen banget Vi jadi programmer…
    seru kayaknya…
    aku pengen jadi yang seperti itu..
    pengen …

  2. gag tw quh mw jadi apa
    haghag…

  3. kerennnqw coba deh…

  4. @ nafi
    sama aku juga pengin

    @ nadia
    cepat tentukan pilihanmu

    @ dpeiyzas
    coba aja pasti enak kok

  5. Pingin jadi apa ya aku.. Hmm database admin. Wkwk.

  6. @ rian xavier
    lebih baik kamu cepat tentuin pilihan


Leave a comment

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.